Rabu, 11 Agustus 2010

Tebing Baru Situ Lembang

Nama Situ Lembang mungkin sudah sangat familiar bagi sebagian besar pendaki Indonesia, khususnya Jawa Barat. Letaknya berada di kawasan Bandung Utara, pada koordinat 6o 44’35.53” S 170o 34’31.75 E. Situ Lembang berada diantara Gunung Burangrang danTangkuban Perahu. Rangkaian gunung yang nelingkari Situ Lembang konon merupakan bagian dari kaldera Gunung Sunda purba setinggi 3.000-4.000 mdpl.

Selain sebagai tempat wisata, kawasan Situ Lembang sejak dahulu sudah dijadikan sebagai arena berlatih bagi pasukan elite TNI AD, Komando Pasukan Khusus (KOPASSUS). Tetapi untuk latihan tebing terjal, pasukan ini masih menggunakan tebing Citatah di Padalarang, Jawa Barat. Padahal, menurut data, Situ Lembang dikelilingi oleh rangkayan pegunungan yang merupakan dinding-dinding terjal, diperkirakan terbentuk akibat letusan dahsyat yang terjadi sekitar 105.000 tahun yang lalu.

Kol. Inf. Ricky Samuel, selaku komandan pusdikpassus Kopassus Batujajar, pernah menberikan instruksi langsung kepada Opslat, Mayor Inf. Yuri Elias, untuk mencari tebing dikawasan Situ Lembang. Perintah tersebut segera di teruskan kepada Lettu Encun dari Pendaki Serbu, yang kemudian segera merintahkan Lett Yos Jolong dan Serda Cucu Suryawan di bantu Tedi Ixdiana dan tim Skygers untuk mencari titik-titik tebing di kawasan Situ Lembang.

Tanggal 25 Septenber 2008, tim berhasil menemukan sebuah tebing di daerah Pasir Limus, kawasan Situ Lembang. Penemuan ini segera di laporkan kepada Komandan Pusdik Passus, setelah dicek kebenaranya, Kol. Inf.Ricky Samuel segera memberikan nama “Golden Wall” untuk tebing ini, karena menurut beliau, tebing ini aset berharga, layaknya sebongkah emas.

Menurut Tedi Ixdiana, tebing ini mempunyai ketinggian sekitar 50 m dan lebar 100 m.Grade atau tingkat kesulitan untuk jalur sport bervariasi antara 5.9 s/d 5.12, sedangkan untuk artificial antara A3 dan A4,dengan jenis batuan sadesit. Jalur pertama dibuat oleh Serda Cucu Suryaman. Selanjutnya, Tedi Ixdiana dibantu teman-temannya dari Skygers, secara berkala hingga sekarang, masih terus menbersihkan tebing yang masih tertutup oleh tumbuh-tumbuhan dan menbuat jalur-jalur baru,saat ini tercatat ada 6 jalur baru,yaitu Sideway, grade 5.10a / pembuat jalur: tedi & skygers; Crack, 5.10a / Serda Cucu & tedi; Pohon, 5.9 / Tedi,Dicky & Adi ; Adrenalin, 5.11a – A3 / Tedi & Bob ; Hanoman, 5.11a – A3 Dakibu Kopassus. ***




Kunjungan Komandan Jenderal KOPASSUS, Mayor Jenderal TNI Pramono Edhi Wibowo Ke Tebing GOLDEN WALL, Situlembang.



Simulasi Vertical Rescue, Tebing GOLDEN WALL, Situlembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar